Jumat, 09 April 2010

KONDISI GLOBAL MASYARAKAT (PERMASALAHAN)

Melihat perkembangan peri kehidupan masyarakat global dunia dewasa ini, maka akan ditemukan beragam permasalahan dalam memilih dan memilah, bagaimana menentukan produk mana yang herbal/alami, dan permasalahan lain sebagai bagian integral dari sebuah konsep/wacana back to nature.
Modernisasi industri dan dampak yang ditimbulkannya menjadi permasalahan yang krusial dan membutuhkan pemahaman yang luar biasa, sehingga dalam menentukan pola/konsep itu tidak akan segampang membalikkan telapak tangan. Mari kita lihat beberapa hal erikut sebagai wacana berpikir :

Water :
Kita harus bisa memilih dan memilah asupan air yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh kita, karena 60-70% tubuh kita terdiri dari cairan. Minumlah air dari sumber air yang baik dengan standar mutu bagus sehingga Anda bisa terhindar dari resiko-resiko pencemaran air minum. Hindarkan minuman yang berasal dari sumber yang terkontaminasi zat-zat berbahaya, seperti sumber air tanah (sumur) yang terkontaminasi logam berat, rembesan air septik tank dan limbah-limbah industri. Hindarkan juga minuman kita dari sumber air dari pipa-pipa besi yang bisa berkarat, terutama dari sumber air yang diolah dengan bahan-bahan kimia berbahaya seperti chlorine (kaporit) dan tawas.

Environtment :
Lingkungan kita sekarang sudah tidak lagi ramah seperti 10 tahun yang lalu, salah satu contoh adalah paparan sinar matahari yang langsung terkena kulit akan terasa menyengat dan perih, pertanda bahwa udara kita sekarang sudah tidak bisa lagi menahan paparan sinar UV (ultra violet) karena tipisnya selaput ozon di lingkungan perkotaan akibat pemakain gas-gas freon dari mesin-mesin pendingin, dan efek dari rumah kaca, gedung-gedung bertingkat.
- Emisi kendaraan bermotor, polusi yang diakibatkan oleh industri-industri besar
- Radiasi elektromagnetik dari perangkat elektronik seperti televisi, telepon genggam, komputer, saluran-saluran distribusi listrik tegangan tinggi
- Pembuangan sampah-sampah non organik yang mencemari lingkungan permukaan
- Pemakaian zat-zat kimia buatan untuk teknologi pertanian menyebabkan kekurangan mineral dan unsur-unsur penting yang dibuhtuhkan tanaman pangan

Loughter / live without stress
Tertawa, senyum, keceriaan adalah hal yang sangat sulit ditemukan jaman sekarang, terlebih lagi kelompok masyarakat yang setiap hari disibukkan dengan pemenuhan kebutuhan hidup rumah tangga
- Kehidupan selalu dibayangi tekanan sehingga tingkat stress semakin tinggi,
- Persaingan di lingkungan usaha dan tempat kerja,
- Kemacetan lalu lintas selalu membuat pusing kepala
- Kehidupan berumah tangga yang tidak harmonis, ulah anak-anak yang menjengkelkan

Live without drug
Kehidupan metropolis menyebabkan masyarakat perlu yang serba instan, termasuk supaya urusan sakit kepala tidak mengganggu aktifitas kita, maka secara sadar kita langsung minum obat (drugs) karena iklan-iklan di media masa dengen setia selalu menanamkan ke dalam bawah sadar kita untuk melakukan itu, karena seringnya informasi itu datang, kita langsung beranggapan (merespon) itulah cara terbaik untuk mengobati sakit kepala.
- Drugs is Poison, itulah kata yang tepat untuk mengambarkan bahayanya minum obat sembarangan, karena sebagian besar obat (drugs) bersifat hanya sebagai penghilang rasa sakit (pain killer) jika diberikan dengan takaran (dosis) yang tepat. Celakanya bahwa obat sekarang dijual bebas di warung-warung yang semestinya hanya dijual dan dilayani oleh Toko Obat atau Apotik yang ada dan menyediakan tenaga ahli (apoteker) yang kompetensinya untuk menjelaskan obat tersebut, cara kerja dan efek-efek sampingannya.
- Hasil akhir dari residu zat kimia yang terkandung dalam obat (drugs) adalah proses pencucian yang dilakukan oleh organ ginjal dan hati manusia, sehingga apabila ginjal dan hati tidak dipelihara (diberi nutrisi) dengan baik maka kedua organ ini akan capek dan kerja berat menyebabkan kematian sel-sel organ ini lebih cepat dari biasanya (normal). Kematian sel (appoptosis) yang dpercepat ini menyebabkan melemahnya kinerja organ, sehingga lama kelamaan terjadi penyakit kritis.

Nutrition
Nutrisi adalah bagian terpenting yang dituhkan sel-sel tubuh dalam melakukan fungsinya dengan baik dan benar.
- Nutrisi harus diterima oleh sel-sel tubuh dalam porsi yang lengkap dan seimbang
- Celakanya kebanyakan masyarakat sekarang ini cenderung mengabaikan nilai nutrisi dari asupan makanan, karena masyarakat ingin menikmai rasa yang enak dari hidangan makanan, jarang sekali ada yang peduli dan memilih/memilah format makanannya. Muncul fenomena obesitas karena kecenderungan mengkonsumsi makanan yang berlebihan, masalah pencernaan, sulit BAB dll.
- Kandungan nutrisi dari sumber-sumber makanan sudah berkurang dengan pemakaian pupuk kimia dan pestisida, proses memasak yang berlebih dan berulang-ulang

Exercise
Kecanggihan teknologi menyebabkan kemudahan bagi masyarakat, sehingga masyarakat cenderung manja dan malas, kurang bergerak dan berolah tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh kurang aktifitas yang dibutuhkan untuk selalu fit dan segar

Sleep
Peradaban modern, tugas-tugas yang tidak habis-habisnya menyebabkan masyarakat kurang memerkan porsi istirahat bagi tubuhnya.

Spritual value
Perkembangan spiritual kemasyarakatan cenderung menyimpang dari keharusannya, dimana masyarakat berasumsi bahwa dengan melakukan "ritual" upacara, sembahyang yang rajin, berderma dan lain-lain dianggap sudah menerapkan nilai-nilai spiritual hidup. Padahal yang lebih penting dari semua hal ritual tersebut adalah bagaimana keseharian dari masing-masing individu itu berbuat, bertata laksana, berperilaku positif, berjkata positif, berpikir positif dan sekaligus menerapkan nilai-nilai spiritual positif itu dalam aktifitas dan kehidupannya sehari-hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar