Sabtu, 17 April 2010

NIAGA

Perusahaan niaga

  • Sejarah telkom

Media and Edutainmet) yang terbesar di Indonesia. Pengabdian TELKOM berawal pada 23 Oktober 1856, tepat saat dioperasikannya layanan telekomunikasi pertama dalam bentuk pengiriman telegraf dari Batavia (Jakarta) ke Buitenzorg (Bogor). Selama itu pula TELKOM telah mengalami berbagai transformasi.

Transformasi terakhir sekaligus yang disebut dengan NEW TELKOM Indonesia adalah transformasi dalam bisnis, transformasi infrastruktur, transformasi sistem dan model operasi dan transformasi sumber daya manusia. Transformasi tersebut resmi diluncurkan kepada pihak eksternal bersamaan dengan New Corporate Identity TELKOM pada tanggal 23 Oktober 2009, pada hari ulang tahun TELKOM yang ke 153. TELKOM juga memiliki tagline baru, The World in Your Hand.

Sampai dengan 31 Desember 2008 jumlah pelanggan TELKOM tumbuh 37% dari tahun sebelumnya sebanyak 68,6 juta pelanggan yang terdiri dari pelanggan telepon tidak bergerak kabel sejumlah 8,6 juta, pelanggan telepon tidak bergerak nirkabel sejumlah 12,7 juta pelanggan dan 65,3 juta pelanggan jasa telepon bergerak.

Sejalan dengan lahirnya NEW TELKOM Indonesia, berbekal semangat positioning baru Life Confident manajemen dan seluruh karyawan TELKOM berupaya mempersembahkan profesionalitas kerja, serta produk dan layanan terbaik bagi pelanggan dan stakeholders.

Sepanjang Tahun 2008, berbagai penghargaan dan sertifikasi telah diterima oleh TELKOM, baik dari dalam maupun luar negeri antara lain, Sertifikasi ISO 9001:2000 dan ISO 9004:2000 untuk Divisi Enterprise Service dari TUV Rheinland International Indonesia; Penghargaan Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) dan Kecelakaan Nihil 2008 dari Wakil Presiden RI; The Best Corporate Image category dalam ajang Most Admired Companies Awards ke 8 dari Frontier Consulting Group; Juara Umum 2007 Annual Report Award dari Menteri Keuangan RI; Juara Umum Anugerah Media Humas 2008 dari Bakorhumas CIO of The Year 2008 dalam Hitachi Data System IT Inspiration Awards; dan Penghargaan CEO dan Perusahaan Idaman dari Majalah Warta Ekonomi.

Saham TELKOM per 31 Desember 2008 dimiliki oleh pemerintah Indonesia (52,47%) dan pemegang saham publik (47,53%). Saham TELKOM tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), New York Stock Exchange (NYSE), London Stock Exchange (LSE) dan Tokyo Stock Exchange, tanpa tercatat. Harga saham TELKOM di BEI pada akhir Desember 2008 sebesar Rp 6.900. Nilai kapitalisasi pasar saham TELKOM pada akhir tahun 2008 mencapai Rp 139,104 miliar atau 12,92 % dari kapitalisasi pasar BEI.

Dengan pencapaian dan pengakuan yang diperoleh TELKOM, penguasaan pasar untuk setiap portofolio bisnisnya, kuatnya kinerja keuangan, serta potensi pertumbuhannya di masa mendatang, TELKOM menjadi model korporasi terbaik Indonesia.


  • Visi dan misi
Visi

To become a leading InfoCom player in the region Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.

Misi

Telkom mempunyai misi memberikan layanan " One Stop InfoCom Services with Excellent Quality and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed Indonesian Corporation " dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga kompetitif.
Telkom akan mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.

  • Mitra bisnis

TELKOM terus berupaya memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya. Untuk mewujudkan komitmennya tersebut, TELKOM bermitra dengan perusahaan-perusahaan global yang terbaik di bidangnya. Di bawah ini adalah perusahaan yang menjalin kemitraan strategis dengan TELKOM Indonesia:

1. PT. Siemens Indonesia
2. PT. NEC Indonesia
3. PT. Industri Telekomunikasi Indonesia
4. PT. Compact Microwave Indonesia
5. PT. Alcatel Indonesia
6. Tomen Corporation
7. Llyod's Register Assurance Limited
8. SingTel
9. JICA (Japan International Cooperation Agency)
10. CISCO
11. KPN Netherlands
12 Mercer Cullen Egan Dell
13. AEOP (Australian Expert Overseas Program)
5 pilar bisnis

1. Fixed Phone (TELKOM Phone) Personal Line Corporate Line Wartel & Telum 2. Mobile Phone (TELKOMSEL) Prepaid Services (simPATI) Postpaid Services (Halo) 3. Network & Interconnection (TELKOM Intercarier) Interconnection Services Network Leased Services 4. Data & Internet Leased Channel Service (TELKOM Link) Internet Service (TELKOMNet) VoIP Service (TELKOM Save & Global 017) SMS Service (from TELKOMSEL, TELKOMFlexi & TELKOM SMS) 5. Fixed Wireless Access (TELKOM Flexi) Prepaid Services (Flexi Trendy) Postpaid Services (Flexi Classy)

  • Unit-unit bisnis

Unit-unit Bisnis TELKOM terdiri dari Divisi, Centre, Yayasan dan Anak Perusahaan, sebagai berikut :

1. Infrastruktur Telekomunikasi
2. Carrier & Interconnection Service
3. Divisi Multimedia
4. Divisi Fixed Wireless Network
5. Enterprise Service
6. Divisi Akses
7. Maintenance Service Center
8. Training Center
9. Carrier Development Support Center
10. Management Consulting Center
11. Construction Center
12. I/S Center
13. R&D Center
14. Community Development Center(CDC)

Yayasan-Yayasan :

1. Dana Pensiun (Dapentel)
2. Yayasan Pendidikan TELKOM
3. Yayasan Kesehatan
4. Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT)

Anak Perusahaan :

Kepemilikan > 50%
1. PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) : Telekomunikasi (Selular GSM) (baru)
2. PT Dayamitra Telekomunikasi (Dayamitra) : Telekomunikasi (KSO-VI Kalimantan)
3. PT Infomedia Nusantara (Infomedia) : Layanan Informasi (baru)
4. PT. Telekomunikasi Indonesia Internasional : International Telecommunication Services, Investment & Strategic Partnership and Project Management & Consultancy
5. PT. Pramindo Ikat Nusantara (Pramindo) : Telekomunikasi Telepon Tetap (KSO-I Sumatra)
6. PT. Multimedia Nusantara (Metra) :Multimedia, pay special TV
7. PT. Napsindo Primatel International (Napsindo) : Network Access Point
8. PT Indonusa Telemedia (Indonusa) : TV Cable (baru)
9. PT Graha Sarana Duta (GSD) : Properti, Konstruksi dan Jasa (baru)


Kepemilikan 20% - 50%

1. PT Patra Telekomunikasi Indonesia (Patrakom) : Layanan VSAT
2. PT Citra Sari Makmur (CSM) : VSAT dan layanan telekomunikasi lainnya
3. PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) : Transponder Satelit dan Komunikasi

Kepemilikan <>
  • Struktur telkom

  • struktur GCG

    TELKOM senantiasa berkomitmen untuk menerapkan GCG di RUPS, Dewan Komisaris, Komite di bawah Dewan Komisaris, Direksi, Komite di bawah Direksi dan Corporate Secretary.
    RUPS
    Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”), baik RUPS Tahunan (“RUPST”) maupun RUPS Luar Biasa (“RUPSLB”), merupakan lembaga tertinggi di perusahaan. Lembaga tersebut adalah forum utama tempat pemegang saham dapat menggunakan hak dan wewenangnya terhadap manajemen perusahaan.


    Setiap pemegang saham berhak memperoleh penjelasan yang lengkap dan informasi yang akurat mengenai prosedur yang harus dipenuhi berkenaan dengan penyelenggaraan RUPS, agar dapat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan mengenai hal-hal yang mempengaruhi kondisi perseroan dan hak pemegang saham. TELKOM juga melindungi hak pemegang saham agar dapat melaksanakan haknya berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sesuai dengan peraturan Perseroan dan perundang-undangan yang berlaku. Pemegang saham diperlakukan setara (equal treatment) dan mempunyai kedudukan yang seimbang terhadap Perseroan. Sementara pemegang saham yang memiliki hak pengendalian di dalam perseroan wajib memperhatikan tanggungjawabnya pada saat menggunakan pengaruhnya terhadap manajemen perseroan, baik pada saat penggunaan hak suara maupun dalam hal lainnya.


    Pada saat RUPST dan RUPSLB, para pemegang saham menggunakan hak suaranya untuk menunjuk dan memberhentikan Dewan Komisaris atau Direksi, menetapkan jumlah remunerasi dan tunjangan Komisaris dan Direksi, menilai kinerja perusahaan tahun buku yang ditelaah, menentukan penggunaan laba perusahaan termasuk dividen dan merubah Anggaran Dasar. Khusus pemegang saham seri A Dwi Warna, yaitu pemerintah Indonesia, memiliki hak khusus untuk menyetujui perubahan anggaran dasar, menyetujui rencana merger, akuisisi, divestasi atau likuidasi Perseroan melalui RUPST atau RUPSLB. RUPST wajib dilaksanakan setahun sekali, sementara RUPSLB dapat dilaksanakan setiap saat sesuai dengan kebutuhan.


    Pada tahun 2008, TELKOM menyelenggarakan RUPST dan RUPSLB sebagai berikut:

    RUPST tanggal 20 Juni 2008, telah memberikan persetujuan dan pengesahan atas Laporan Tahunan Perseroan tahun buku 2007 dan Laporan Tahunan Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Perseroan tahun buku 2007. RUPST tersebut juga menyetujui penetapan penggunaan laba bersih Perseroan tahun buku 2007 sebesar Rp.12.857 miliar, pembayaran dividen tahun buku 2007, menetapkan jumlah gaji Direksi dan honor Dewan Komisaris tahun 2008, tantiem Direksi dan Komisaris tahun buku 2007 serta fasilitas dan tunjangan anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris tahun 2007, penunjukan kembali Kantor Akuntan Publik Haryanto Sahari & Rekan, firma anggota dari PricewaterhouseCoopers (“PwC”) global network untuk melaksanakan Integrated Audit tahun buku 2008, menyetujui perubahan Anggaran Dasar dalam rangka penyesuaian dengan UU No. 40 tahun 2007 tentang PT, menyetujui program Pembelian Kembali Saham Perseroan (Share Buy Back III) yang telah diumumkan kepada Pemegang Saham tanggal 23 dan 26 Mei 2008. Jumlah dana yang digunakan untuk pembelian kembali saham perseroan III maksimum Rp.3 triliun.

    RUPS Luar Biasa pada tanggal 19 September 2008, telah memberikan persetujuan atas pengangkatan Bobby A.A. Nazief sebagai anggota Dewan Komisaris dengan masa 5 tahun dan perpanjangan masa jabatan anggota Dewan Komisaris yang diangkat pada tanggal 10 Maret 2004.

    Jumat, 09 April 2010

    Apa yang Menjadi Hak Saat Naik Jabatan?

    Promosi berarti perpindahan dari suatu jabatan ke jabatan lain yang memiliki status dan tanggung jawab lebih tinggi. nah, memang biasanya perpindahan ke jabatan lebih tinggi ini akan disertai dengan peningkatan gaji/upah dan lainnya, walaupun tidak selamanya demikian. Apa yang bisa Anda lakukan untuk menghadapinya?

    1. Negosiasi dengan Pihak Berwenang
    Untuk bernegosiasi mengenai paket promosi jabatan Anda, ketahui secara pasti dengan siapa negosiasi sebaiknya dilakukan. Anda mungkin memiliki wewenang untuk melakukan negosiasi gaji sampai rentang tertentu. Namun, mungkin juga beluatu tidak memiliki wewenang tersebut, terlebih bila anggaran perusahaan sudah ditetapkan dalam peraturan perusahaan secara baku.

    Untuk itu, Anda bisa juga berkonsultasi pada pihak yang berwenang di departemen SDM di perusaah mengenai kemungkinan bernegosiasi. Bila peraturan perusahaan tentang kenaikan jabatan dan tunjangan sudah sedemikian baku, biasanya karyawan diminta menerima paket yang sudah ditentukan. Namun, tidak ada salahnya Anda mengajukan usulan penyesuaian, dengan pemahaman bahwa hasilnya tidak akan Anda terima dalam jangka waktu dekat.

    Perusahaan biasanya memiliki periode sendiri dalam mengkaji ulang struktur gaji pokok, penyesuaian tunjangan dan fasilitas, yang dilakukan beberapa tahun sekali. Bisa juga Anda mengusulkan untuk enam bulan ke depan, dengan pertimbangan atasan akan me-review performa dan prestasi kerja Anda.

    2. Sebelum Melakukan Negosiasi
    Anda pun perlu peka dengan situasi di perusahaan saat ini. Jika perusahaan sedang mengalami krisis finansial dan dalam situasi perampingan organisasi, tentu akan lebih bijaksana bila Adna menunggu sejenak keinginan tersebut. Tunda saja dulu sampai momen yang lebih tepat datang. Sebaliknya, bila Anda bekerja di perusahaan besar yang saat ini sedang ekspansif dan berkembang, Anda bisa mengawali negosiasi kenaikan gaji, fasilitas, dan tunjangan yang diharapkan dengan lebih leluasa.

    Sebenarnya, semua tergantung pada kondisi perusahaan. Meskipun demikian, ada beberapa aspek negosiasi yang bisa Anda pertimbangkan, antara lain gaji pokok, fasilitas/tunjangan, dan kompensasi.

    Gaji pokok di suatu perusahaan disusun menurut jenjang jabatan dan jenjang kepangkatan. Pada umumnya, jabatan yang menuntut persyaratan lebih berat disusun dalam jenjang jabatan lebih tinggi dengan gaji pokok dan tunjangan yang lebih besar. Karyawan yang memiliki kompetensi lebih tinggi diberikan golongan pangkat lebih tinggi karena dianggap mampu menjalankan jabatan atau melaksanakan pekerjaan tersebut dengan persyaratan lebih berat. Oleh karena itu, dianggap patut juga bila karyawan ini menerima imbalan yang lebih besar sesuai tanggung jawab yang dijalaninya.

    3. Tunjangan dan Fasilitas
    Sesuai kondisi perusahaan, Anda juga bisa mencermati jenis tunjangan dan fasilitas yang lazimnya ditawarkan, seperti tunjangan jabatan struktural maupun tunjangan jabatan fungsional; tunjangan transport dan uang makan; tunjangan perumahan; tunjangan anak (keluarga); dan fasilitas kredit kendaraan atau rumah.

    Perhatikan pula kompensasi yang ditawarkan, antara lain dalam bentuk asuransi kesehatan; asuransi jiwa; asuransi kecelakaan, terutama untuk karyawan yang sering bepergian atau melakukan pekerjaan berisiko tinggi. Andapun bisa menilik tawaran lain, seperti fasilitas cuti, biaya pensiun, profit sharing, stock option, training, dan pendidikan tertentu.

    Bila paket yang ditawarkan belum memenuhi harapan Anda, pertimbangkanlah faktor lain, yaitu sejauh mana Anda mendapatkan "kenyamanan" di perusahaan selama ini, seperti suasana kerja, jenjang karier, reputasi perusahaan, dan budaya perusahaan.

    Upaya Komisi III Bongkar Mafia Pajak Asian Agri Didukung

    Ketua Badan Anggaran DPR RI Harry Azhar Aziz mengatakan mendukung upaya Komisi III dalam membongkar kasus mafia pajak Asian Agri senilai Rp 1,4 triliun. "Itu memang domain Komisi III, law enforcement. Saya mendukung," ujar Harry, Jumat (9/4/2010) di lobi Fraksi Golkar di Gedung Nusantara I DPR RI, Jakarta.

    Dikatakannya, Komisi III harus mempertegas pihak-pihak yang harus bertanggung jawab pada praktik mafia pajak tersebut. Upaya membongkar kasus mafia pajak Asian Agri itu diungkapkan Ketua Komisi III Benny K Harman, kemarin. Upaya itu diambil menyusul pengakuan mantan Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komjen Pol Susno Duadji soal orang-orang yang terlibat pada kasus tersebut.

    Benny pun menyatakan komitmennya. "Kami komit sekali. Selama saya menjadi Ketua Komisi III, komit sekali," ujar Benny.

    Dalam waktu dekat, Komisi III akan memanggil Kepala Polri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri beserta jajarannya.

    Seperti diwartakan, pajak Asian Agri diduga sempat mengalir ke rekening mantan karyawan perusahaan Vincentius Amin Sutanto Rp 28 miliar. Uang tersebut sedianya diperuntukkan untuk suap pengampunan pajak. Belakangan, Vincentius diadili dan uang panas tersebut dijadikan barang bukti. Nah, di sinilah modus permainan sunat-menyunat barang bukti terjadi. "Dana tersebut dibikin kecil, disisakan menjadi Rp 27 juta," ujar anggota Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo. Modus ini diyakini dilakukan oknum kepolisian.

    Aplikasi Twitter for BlackBerry Sudah Tersedia Versi Publik Beta

    Aplikasi Twitter for BlackBerry sekarang telah dirilis dalam versi public beta. Pengguna BlackBerry di seluruh dunia kini bisa men-download dan mencobanya.

    Pengguna dapat men-download aplikasinya dari BlackBerry App World atau dengan mengunjungi mobile.blackberry.com dari perangkat smartphone BlackBerry. Twitter for BlackBerry tersedia untuk smartphone BlackBerry yang menggunakan versi BlackBerry OS 4.5 atau lebih tinggi dengan setidaknya memiliki 64-MB built-in memory (minimal tersedia 750 KB).

    Pengguna BlackBerry aktif memerlukan data rencana layanan dengan akses internet untuk mengakses aplikasi tersebut. Biaya untuk akses data dikenakan pada pengguna yang memiliki akses data terbatas.

    Aplikasi Twitter for BlackBerry ini sebelumnya telah tersedia terbatas sebagai preview sejak Februari lalu dan hari ini telah dirilis dalam versi public beta dengan menyertakan beberapa fitur baru berdasarkan masukan dari pengguna saat preview yang lalu.

    Fitur-fitur dalam aplikasi Twitter for BlackBerry antara lain:
    • Push Notifications untuk Direct Messages
    • Direct Twitter messages disediakan bagi pengguna aplikasi BlackBerry melalui teknologi BlackBerry® Push
    • Ketika Direct Message diterima, pengguna akan menerima notifikasi sebagai ikon pada tampilan layarnya
    • Didukung Timeline
    • Pengguna dapat mengetahui timeline dari pengguna yang melakukan following, posting-an Tweet dan balasan ke pengguna
    • Following & Followers
    • Pengguna dapat mengetahui pengguna Twitter lain following siapa dan siapa saja yang following mereka
    • Tweeting dan Re-Tweeting
    • Pengguna dapat mem-post tweets baru, menghapus tweets, re-tweet (forward), reply to tweets (@Replies), dan mengirim direct messages
    • Pengguna dapat melakukan pilihan tweet ke dalam Facebook®, Email, PIN, SMS, MMS, dan BlackBerry Messenger
    • Keyword, User, dan Proximity Search
    • Keyword Search: mencari kata kunci dari dalam aplikasi tersebut, hasil pencarian akan ditampilkan sebagai Timeline
    • User Search: mencari pengguna Twitter lainnya dari dalam aplikasi
    • Proximity Search: Cari tweets dalam lokasi yang dipilih
    • Tweet Photos
    • Pengguna dapat memposting foto dari dalam aplikasi, kamera ponsel BlackBerry, atau dari kartu media sebagai bagian tweet baru
    • Pengguna juga dapat melihat foto yang ditampilkan
    • Trending Topics
    • Pengguna dapat melihat top 10 daftar topik yang sedang tren di Twitter, dan mereka bisa meng-klik pada topik tersebut untuk melihat timeline
    • Profile Editing
    • Pengguna dapat mengedit profil sendiri atau mengubah gambar profil mereka dari aplikasi
    • Seamless integrasi ke aplikasi BlackBerry
    • Aplikasi ini terintegrasi sepenuhnya ke Media, browser, BlackBerry App World ™, dan daftar pesan
    • URL Shortening
    • Pengguna dapat mengirim pesan langsung dari situs web dari Browser yang menggunakan URL (dukungan bit.Ly dukungan)

    KONDISI GLOBAL MASYARAKAT (PERMASALAHAN)

    Melihat perkembangan peri kehidupan masyarakat global dunia dewasa ini, maka akan ditemukan beragam permasalahan dalam memilih dan memilah, bagaimana menentukan produk mana yang herbal/alami, dan permasalahan lain sebagai bagian integral dari sebuah konsep/wacana back to nature.
    Modernisasi industri dan dampak yang ditimbulkannya menjadi permasalahan yang krusial dan membutuhkan pemahaman yang luar biasa, sehingga dalam menentukan pola/konsep itu tidak akan segampang membalikkan telapak tangan. Mari kita lihat beberapa hal erikut sebagai wacana berpikir :

    Water :
    Kita harus bisa memilih dan memilah asupan air yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh kita, karena 60-70% tubuh kita terdiri dari cairan. Minumlah air dari sumber air yang baik dengan standar mutu bagus sehingga Anda bisa terhindar dari resiko-resiko pencemaran air minum. Hindarkan minuman yang berasal dari sumber yang terkontaminasi zat-zat berbahaya, seperti sumber air tanah (sumur) yang terkontaminasi logam berat, rembesan air septik tank dan limbah-limbah industri. Hindarkan juga minuman kita dari sumber air dari pipa-pipa besi yang bisa berkarat, terutama dari sumber air yang diolah dengan bahan-bahan kimia berbahaya seperti chlorine (kaporit) dan tawas.

    Environtment :
    Lingkungan kita sekarang sudah tidak lagi ramah seperti 10 tahun yang lalu, salah satu contoh adalah paparan sinar matahari yang langsung terkena kulit akan terasa menyengat dan perih, pertanda bahwa udara kita sekarang sudah tidak bisa lagi menahan paparan sinar UV (ultra violet) karena tipisnya selaput ozon di lingkungan perkotaan akibat pemakain gas-gas freon dari mesin-mesin pendingin, dan efek dari rumah kaca, gedung-gedung bertingkat.
    - Emisi kendaraan bermotor, polusi yang diakibatkan oleh industri-industri besar
    - Radiasi elektromagnetik dari perangkat elektronik seperti televisi, telepon genggam, komputer, saluran-saluran distribusi listrik tegangan tinggi
    - Pembuangan sampah-sampah non organik yang mencemari lingkungan permukaan
    - Pemakaian zat-zat kimia buatan untuk teknologi pertanian menyebabkan kekurangan mineral dan unsur-unsur penting yang dibuhtuhkan tanaman pangan

    Loughter / live without stress
    Tertawa, senyum, keceriaan adalah hal yang sangat sulit ditemukan jaman sekarang, terlebih lagi kelompok masyarakat yang setiap hari disibukkan dengan pemenuhan kebutuhan hidup rumah tangga
    - Kehidupan selalu dibayangi tekanan sehingga tingkat stress semakin tinggi,
    - Persaingan di lingkungan usaha dan tempat kerja,
    - Kemacetan lalu lintas selalu membuat pusing kepala
    - Kehidupan berumah tangga yang tidak harmonis, ulah anak-anak yang menjengkelkan

    Live without drug
    Kehidupan metropolis menyebabkan masyarakat perlu yang serba instan, termasuk supaya urusan sakit kepala tidak mengganggu aktifitas kita, maka secara sadar kita langsung minum obat (drugs) karena iklan-iklan di media masa dengen setia selalu menanamkan ke dalam bawah sadar kita untuk melakukan itu, karena seringnya informasi itu datang, kita langsung beranggapan (merespon) itulah cara terbaik untuk mengobati sakit kepala.
    - Drugs is Poison, itulah kata yang tepat untuk mengambarkan bahayanya minum obat sembarangan, karena sebagian besar obat (drugs) bersifat hanya sebagai penghilang rasa sakit (pain killer) jika diberikan dengan takaran (dosis) yang tepat. Celakanya bahwa obat sekarang dijual bebas di warung-warung yang semestinya hanya dijual dan dilayani oleh Toko Obat atau Apotik yang ada dan menyediakan tenaga ahli (apoteker) yang kompetensinya untuk menjelaskan obat tersebut, cara kerja dan efek-efek sampingannya.
    - Hasil akhir dari residu zat kimia yang terkandung dalam obat (drugs) adalah proses pencucian yang dilakukan oleh organ ginjal dan hati manusia, sehingga apabila ginjal dan hati tidak dipelihara (diberi nutrisi) dengan baik maka kedua organ ini akan capek dan kerja berat menyebabkan kematian sel-sel organ ini lebih cepat dari biasanya (normal). Kematian sel (appoptosis) yang dpercepat ini menyebabkan melemahnya kinerja organ, sehingga lama kelamaan terjadi penyakit kritis.

    Nutrition
    Nutrisi adalah bagian terpenting yang dituhkan sel-sel tubuh dalam melakukan fungsinya dengan baik dan benar.
    - Nutrisi harus diterima oleh sel-sel tubuh dalam porsi yang lengkap dan seimbang
    - Celakanya kebanyakan masyarakat sekarang ini cenderung mengabaikan nilai nutrisi dari asupan makanan, karena masyarakat ingin menikmai rasa yang enak dari hidangan makanan, jarang sekali ada yang peduli dan memilih/memilah format makanannya. Muncul fenomena obesitas karena kecenderungan mengkonsumsi makanan yang berlebihan, masalah pencernaan, sulit BAB dll.
    - Kandungan nutrisi dari sumber-sumber makanan sudah berkurang dengan pemakaian pupuk kimia dan pestisida, proses memasak yang berlebih dan berulang-ulang

    Exercise
    Kecanggihan teknologi menyebabkan kemudahan bagi masyarakat, sehingga masyarakat cenderung manja dan malas, kurang bergerak dan berolah tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh kurang aktifitas yang dibutuhkan untuk selalu fit dan segar

    Sleep
    Peradaban modern, tugas-tugas yang tidak habis-habisnya menyebabkan masyarakat kurang memerkan porsi istirahat bagi tubuhnya.

    Spritual value
    Perkembangan spiritual kemasyarakatan cenderung menyimpang dari keharusannya, dimana masyarakat berasumsi bahwa dengan melakukan "ritual" upacara, sembahyang yang rajin, berderma dan lain-lain dianggap sudah menerapkan nilai-nilai spiritual hidup. Padahal yang lebih penting dari semua hal ritual tersebut adalah bagaimana keseharian dari masing-masing individu itu berbuat, bertata laksana, berperilaku positif, berjkata positif, berpikir positif dan sekaligus menerapkan nilai-nilai spiritual positif itu dalam aktifitas dan kehidupannya sehari-hari.


    Jumat, 02 April 2010

    Menelusuri Perkembangan Ponsel di Indonesia

    Pada dekade tahun 70-an negara-negara maju di eropa menerapkan teknologi seluler untuk komunikasi. Di Indonesia sendiri baru menerapkan kecanggihan teknologi komunikasi tersebut belasan tahun kemudian. Dimulai pada tahun 1984 teknologi seluler pertama kali hadir di Indonesia dengan berbasis teknologi Nordic Mobile Telephone (NMT).

    Di tahun 1985-1992 ponsel mulai beredar di Indonesia,namun tidak bisa di masukkan kedalam saku baju atau celana karena bentuknya yang besar dan panjang,dengan berat rata2 430gram (hampir setengah kilogram).Harga ponselnya juga tidak murah,berkisar diatas 10 juta per unit.Di tahun ini pula baru dikenal dua teknologi seluler yaitu NMT-470,modifikasi NMT-450.

    Di akhir 1993 PT Telkom memulai proyek percontohan seluler digital Global System for Mobile (GSM),dimulai di dua pulau,yakni Pulau Batam dan Pulau Bintan. Di tahun 1994 PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) beroperasi sebagai operator GSM pertama di Indonesia,dengan mengawali kegiatan operasinya di Jakarta dan sekitarnya.Karena GSM menggunakan kartu SIM,maka hal itu aman dari penggandaan dan penyadapan serta mutu prima dan jangkauan luas.

    Tahun 1995 proyek Telkom di Batam berlangsung sukses dan di lanjutkan ke provinsi-provinsi di Sumatra,lalu menjadikan Telkomsel pada 26 mei 1995 sebagai operator GSM nasional bersama Satelindo.Kemudian di Tahun 1996 Telkomsel dengan produk kartu Halo-nya sukses di Medan,Surabaya,Bandung,dan Denpasar,kemudian masuk Jakarta.Di penghujung tahun 1996 ini pula,PT.Excelcomindo Pratama (Excelcom) berbasis GSM beroperasi di Jakarta sebagai operator GSM ke tiga di Indonesia.Setelah itu di tahun 1998 Excelcom meluncurkan kartu prabayar Pro-XL yang memberi alternatif bagi konsumen untuk memilih dengan layanan roaming.Satelindo menyusul Telkomsel dan Excelcom dengan meluncurkan kartu prabayar mentari,dengan keunggulan tarif dihitung perdetik,sehingga dalam waktu singkat menjaring lebih 100.00 pelanggan.

    Layanan pesan singkat,mulai di perkenalkan pada tahun 2000,dan menjadi fenomena di kalangan pengguna ponsel,karena sangat praktis dan murah biayanya.Di tahun ini pula PT.Indosat dan PT.Telkom mendapat lisensi sebagai operator GSM 1800 nasional.Layanan seluler kedua BUMN itu kemudian beroperasi pada tanggal 1 Agustus tahun 2001.Babak baru bertelekomunikasi berlanjut di tahun 2003,yaitu dengan hadirnya Telkom Flexi,yang mengusung teknologi CDMA 2000 1X,kemudian di belakang Flexi ada Esia dari Bakrie Telecom,Fren & Hepi dari Mobile8,Star One dari Indosat,Smart dari Lippo Telecom,dan terakhir Ceria dari Sampoerna Telecom.

    Kemudian ponsel-ponsel yang masuk ke Indonesia juga sejalan dengan perkembangan operator2 seluler yang telah disebutkan di atas.Kehadiran ponsel di Indonesia dimulai dari generasi kedua(berdasarkan pengetahuan saya),sampai generasi ke empat (yang sekarang banyak beredar di pasaran).Berikut ulasan singkat tentang generasi ponsel tersebut :

    Generasi Kedua:

    Ponsel generasi ini juga biasa disebut 2G hadir pada pertengahan 1990-an.Beroperasi pada jaringan GSM dengan menggunakan frekuensi standar 900 Mhz dan frekuensi 1800 Mhz.Pada generasi ini sinyal analog telah di ubah dengan sinyal digital.Penggunaan sinyal digital melengkapi ponsel dengan pesan suara,panggilan tunggu dan SMS.

    Generasi Ketiga:

    Ponsel generasi ini juga disebut 3G, fiturnya adalah memungkinkan operator jaringan untuk memberi para pengguna ponsel ini memiliki jangkauan yang lebih luas,termasuk internet dan Video call berteknologi tinggi. Dalam 3G terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000. Kelemahan dari generasi 3G ini adalah biaya yang relatif lebih tinggi, dan kurangnya cakupan jaringan karena masih barunya teknologi ini.

    Generasi Keempat:

    Ponsel generai ini juga disebut 4G.4G merupakan sistem ponsel yang menawarkan babak baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi wireless yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro),CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dll.Sistem 4G berdasarkan keragaman jaringan IP,yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam system kapan saja dan dimana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas utnuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir,4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing, game on-line, dan lainnya.